JEJERADIO| Kopi sudah menjadi minuman yang jamak dikonsumsi. Baik pecinta kopi maupun hanya penikmat minumat berwarna hitam tersebut. Tapi tahukah kamu temen jeje kalau ternyata rahasia kesempurnaan rasa kopi berasal dari rumus menyeduh kopi. Hah? rumus? emang ini phytagoras?

Meski nggak serumit cewek yang lagi PMS, tapi menyeduh Kopi sama rumitnya dengan rumus matematika lho. Jadi, Kunci kenikmatan kopi ternyata terletak pada jumlah air yang dipakai untuk menyeduh kopi. Takaran air untuk kopi bubuk sangat mempengaruhi rasa kopi. Jumlah air yang berbeda akan memberikan perbedaan rasa. Kopi bisa terasa ringan atau kuat tergantung jumlah air. 

French press (ottencoffee.co.id)

Hal ini diungkapkan oleh komunitas kopi yang ada di Amerika Serikat. National Coffee Association USA (NCA USA) merumuskan “Golden Ratio” atau rasio emas untuk menyeduh kopi. cukup mencampurkan satu atau dua sendok makan kopi bubuk dengan 177 ml air (6 ons air). Pilihan untuk menyeduh satu atau dua sendok makan kopi bubuk tergantung pada seberapa ‘kuat’ rasa kopi yang diinginkan. Dua sendok kopi berarti rasa minuman Anda akan terasa kuat. Sedangkan air untuk menyeduh kopi disarankan berada pada suhu antara 85 – 96 derajat Celcius.

Jadi, anggapan bahwa air mendidih yang langsung dituangkan ke bubuk kopi akan menambah kenikmatan kopi adalah sesuatu yang salah. Justru jika dari pernyataan Asosiasi di atas, lebih baik mendinginkan terlebih dahulu sekitar 5-15 derajat Celcius. Dengan asumsi air mendidih pada suhu 100 derajat Celcius.

drip filter system (ottencoffee.co.id)

Jika menggunakan sistem filter atau drip filter system, disarankan menyeduh kopi selama lima menit. Sedangkan untuk penggunaan French press, gunakan dua hingga empat menit waktu penyeduhan.

NCA USA juga menyarankan untuk tidak menggunakan bubuk kopi yang sudah terkena air. Karena yang tersisa hanya rasa pahit. Sepahit melihat mantan sudah menikah sedangkan kamu masih jomblo.

 

sumber

LEAVE A REPLY