JEJE RADIO| Keindahan pesona Gunung Merapi tak perlu diragukan lagi temen jeje.
Apalagi dipadukan dengan misteri dan tragedi yang melingkupi gunung ini. Sehingga banyak menjadi pilihan bagi penyuka olahraga outdoor menjadikan Merapi sebagai alternatif tujuan wisata gunung.
Jika cuaca tidak berkabut temen jeje bisa lihat dengan jelas gunung tersebut menjulang tinggi dan gagah dari empat kota yang mengitarinya, Sleman, Magelang, Klaten dan Boyolali.

Sedikit cerita ya temen jeje, Pasca letusan besar pada tahun 2010, ada beberapa yang berubah pada tempat ini, yang justru menambah pesona daya keindahan gunung Merapi ini.

Kawasan bekas letusan tahun 2010 tersebut sekarang ini dimanfaatkan oleh warga sekitar untuk dijadikan tempat wisata volkano trekking. Temen jeje bisa melewati jejak letusan yang terjadi pada waktu yang lalu, termasuk diantaranya mengunjungi bekas rumah Mbah Maridjan.

Di Desa Kepuharjo dan Desa Kinahrejo sekarang ini di manfaatkan dan dikelola oleh penduduk sekitar untuk kawasan wisata volcano trakking.

 

HOW TO GET THERE

Untuk sampai ke Gunung Merapi banyak jalan yang bisa temen jeje pilih. Jalur pertama ni temen jeje Melalui Desa Kinahrejo yang terletak 2 km sebelah timur Kaliurang.
Dari Kinahrejo ke puncak merapi berjarak 9 km ditempuh dalam waktu 10 jam dengan medan yang cukup terjal.

 

Untuk jalur kedua temen jeje bisa Melalui daerah Selo kabupaten Boyolali yang berlokasi diantara gunung Merapi dan Gunung Merbabu. Dari Yogyakarta menggunakan bus sampai Kartosuro selanjutnya menuju ke Boyolali dan akhirnya sampai Selo.

Jalur pendakian sebelumnya memang melalui sisi utara dari Selo yaitu di Desa Tlogolele Boyolali. Desa ini terletak di antara gunung Merapi dan gunung Merbabu. Pendakian dari Selo ini memakan waktu 5 jam sampai puncak.

Jalur lain yang dapat ditempu melalui sisi barat yaitu dari Sawangan Magelang dan melalui sisi tenggara dari arah Deles, Kemalang Klaten.

Setelah letusan besar 2010 tersebut jalur pendakian dialihkan melalui bukit Pronojiwo Kaliurang Kecamatan Pakem Kabupaten Sleman. Untuk melewati jalur ini memakan waktu sekitar 7 jam untuk sampai puncak dengan jalan yang lumayan terjal

Merapi memang tidak akan kehilangan kesan mistisnya. Disana temen jeje bisa merenungkan keindahan alam dan mendalami kearifan lokal. Jangan lupa untuk selalu menjaga kelestarian alam Merapi ya temen jeje jika berkunjung ke sana.

LEAVE A REPLY