source: triptrus.com

JEJE RADIO| Temen jeje sudah tahu kalau Pulau Madura memiliki sejumlah pulau-pulau kecil atau gili yang keindahanannya tak kalah menakjubkan dengan gili-gili yang ada di Lombok. Gili-gili yang ada di Madura ini masih cukup indah dan memiliki alam yang masih alami lantaran masih belum banyak didatangi wisatawan
Nah, kalau beberapa hari yang lalu kita dihebohkan dengan keindahan Gili Labak yang akhirnya mengundang banyak orang untuk bertandang, kini waktunya temen jeje buat menjelajah Gili Iyang dan gili genting yang tak kalah menakjubkan dari Gili Labak ni temen jeje.

Yang terpenting dari gili yang satu ini adalah keindahannya yang tidak kalah dengan Gili lainnya loh temen jeje. Gak usah pakek alasan kejauhan dan yang lainnya ya temen jeje//
kan sekarang uda ada Jembatan Suramadu yang bikin perjalanan temen jeje ke Madura jadi lebih mudah dan lebih cepat. Penasaran dong apa aja yang ditawarin oleh Gili Iyang. Jadi yuk buruan eksplor bareng jeje jalan-jalan.
Gili Iyang dan gili genting masih bersaudara dengan Gili Labak, karena keduanya sama-sama berada di Kabupaten Sumenep temen jeje. Keduanya juga sama-sama menawarkan alam bawah laut yang menakjubkan yang sayang untuk dilewatkan. Terutama buat temen jeje yang menyukai aktivitas menyelam. Gili Iyang berada di Desa Dungkek, Kecamatan Dungkek yang berjarak sekitar 28 km dari pusat Kabupaten Sumenep.
Untuk bisa menjangkau gili ini temen jeje tinggal menuju pelabuhan untuk naik perahu yang akan menuju ke Gili Iyang. Kurang lebih waktu yang dibutuhkan untuk mencapai Gili Iyang dari Desa Dungkek di Sumenep sekitar 45 menit. Untuk menjelajahi keindahan gili ini, temen jeje bisa melakukan trekking. Namun lebih mudah kalau menggunakan dokas atau odong-odong yang merupakan kendaraan khas masyarakat Gili Iyang. Kendaraan ini berupa kendaraan motor roda tiga yang bisa temen jeje sewa dari penduduk sekitar.

source: http://wisatasenibudaya.com

Berkunjung ke Gili Iyang akan membuat temen jeje lebih sehat dan awet muda loh. Penasaran kenapa? Itu semua karena kandungan oksigen yang dimiliki daerah ini cukup tinggi, sekitar 21,5% dari kandungan oksigen di daerah lain yang rata-rata hanya 20%. Hal ini berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh BBTKLPP atau Balai Besar Teknis Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit Jawa Timur.
Kandungan oksigen yang ada di Gili Iyang bahkan lebih tinggi dari Laut Mati di Yordania yang membuat Gili Iyang menjadi daerah dengan oksigen tertinggi di dunia. Sebagiamana yang sudah temen jeje ketahui, tempat ini masih alami dan belum terjangkau banyak turis.

Untuk temen jeje yang suka berwisata goa, ada banyak goa yang bisa temen jeje jelajahi.
Tak tanggung-tanggung ada 17 goa yang menghiasi pulau kecil nan cantik ini. Ada goa mahakarya yang luasnya mencapai 800 m². Temen jeje bisa bernapas lega di sini karena luasnya.
Ada pula goa dengan sumber mata air tawar meski lokasinya berdekatan dengan pantai.
Goa yang cukup unik tersebut bernama Goa Air yang memiliki kedalaman hingga 150 meter. Kalau favoritnya remaja Gili Iyang adalah Goa Syariah yang suka mereka gunakan sebagia tempat ngabuburit kala ramadhan.

 

Puas menikmati keindahan daratan kini waktunya temen jeje untuk menikmati keindahan alam bawah lautnya yang bagaikan surga. Karena masih alami para penghuni laut pun bisa hidup dengan tenang dan tak kalah sehat dengan yang hidup di darat. Memberikan temen jeje pemandangan yang cukup menakjubkan dengan beragam ikan dan terumbu karang warna-warni. Jalan-jalan kamu di Gili Iyang semakin lengkap dengan keramahan yang diberikan oleh masyarakat sekitar.

 

Bagaiamana temen jeje malam ini mau ke Sumenep dan pergi ke Gili Iyang bareng rizal?Minggu depan rizal akan jalan-jalan ke gili Iyang lho, ada temen jeje yang mau ikut?

Jalan-jalan berikutnya temen jeje juga bisa berbagi cerita di jeje jalan-jalan bareng rizal lo temen jeje. Atau ada rekomendasi tempat yang mau direview di Jeje Jalan Jalan? langsung aja komen di bawah ya. atau kirim cerita dan foto temen jeje ke email new1@jejeradio.com

Selamat jalan-jalan temen jeje!
Tetap jaga kebersihan tempat temen jeje jelen-jalan jangan suka coret-coret juga ya.|Rizal

LEAVE A REPLY