JEJERADIO| Buat temen jeje yang kuliah di Universitas Gaja Mada bisa berbangga. Karena kampus kamu baru saja dinobatkan sebagai Perguran Tinggi no. 1 di Indonesia. Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) pada Kamis (17/8) merilis peringkat perguruan tinggi se Indonesia.

Dari data Kemenristekdikti Universitas Gajah Mada (UGM) menjadi perguruan tinggi no. 1 Indonesia di 2017 dengan skor 3,66. UGM unggul dari Institut Teknologi Bandung (3,53) dan Institut Pertanian Bogor (3,45) yang menempati urutan 2 dan tiga.

Di peringkat berikutnya, ada Universitas Indonesia (3,38), Institut Teknologi Sepuluh Nopember (3,23), Universitas Diponegoro (3,08), Universitas Airlangga (2,99) Universitas Brawijaya (2,97), Universitas Hasanuddin (2,96), dan Universitas Negeri Yogyakarta (2,86).

Di peringkat 11, ada Universitas Sebelas Maret (2,85), diikuti Universitas Andalas (2,74), Universitas Pendidikan Indonesia (2,73) dan Universitas Padjajaran (2,72). 

Penilaian untuk menjadi perguruan tinggi no. 1 didasari atas beberapa hal, seperti PD Dikti, dalam hal ini jumlah mahasiswa dan jumlah dosen. Ada juga penilaian dari sisi penelitian, kemahasiswaan, BAN PT dalam hal ini akreditasi institusi, Database Scopus, dan Kelembagaan.

Dalam penentuan perguruan tinggi no.1 di Indonesia tahun ini, indikator yang digunakan yakni sumberdaya manusia (30%), kelembagaan (28%), kemahasiswaan (12%), serta peneliti dan pengabdian kepada masyarakat (30%).

Dengan semua dasar penilaian tersebut membuat UGM menggusur ITB yang menjadi perguruan tinggi no. 1 di Indonesia tahun lalu. Semoga kampus di Surabaya nantinya juga bisa menjadi “penantang” untuk menjadi perguruan tinggi no. 1 di Indonesia.

LEAVE A REPLY